Rabu, 12 Juni 2013

PASAR BERINGHARJO



                             
PASAR BERINGHARJO

            Letak pasar Beringharjo disekitar kawasan Malioboro tepatnya dikota Jogjakarta Jawatengah.Pasar  Beringharjo menjual segala macam aneka batik, pakaian, kerudung, tas, T-Shirt, dan pernak-pernik lainnya.Tidak hanya itu dipinggiran pasar Beringharjo juga banyak sekali yang menjual aneka kue kas Jogjakarta, seperti klanteng, keplak sari, dodol, dan bakpia patok.Pasar Beringharjo sangat ramai pengunjungnya dan pedagangnya ramah sekali dalam menyapa pelanggan yang keluar masuk pasar Beringharjo.
            Saya bersama rombongan dari Universitas Nusantara PGRI Kediri, beramai-uramai menuju pasar Beringharjo sekitar pukul 14.00 wib.Disana saya beserta rombongan  berbelanja souvenir dari Jogjakarta seperti belanja  batik, T-Shirt, dan tas.Biasanya dipasar Beringharjo ada tawar-menawar antara pembeli dan penjual, saya dan teman-teman tidak asal-asalan dalam menawar harga yang  ditawarkan kepada kami.Misalnya ketika saya menawar T-Shirt yang akan saya beli, saya Tanya dulu pada pedagangnya jika ia menawarkan harga 65.000.00 saya mencoba menawar dengan harga setengahnya, setelah tarika ulur harga biasanya pedagang minta tambahan laba sedikit.Akhirnya pedagang dan saya menyepakati T-Shirt yang saya tawar  dengan harga 40.000.00.Jadi sama-sama enaknya.
Ada salah satu teman kami yang membeli batik  ditipu oleh pedagang pasar Beringharjo,Sebab teman kami tidak bisa menawar dengan harga yang lebih rendah.Maka dari itu pedagang membandrol dengan harga yang tinggi dan mempromosikan barang dagangannya dengan segala macam cara.Padahal barang yang dibeli temen kami kualitasnya  standar bukan yang istimewa.Setelah berbincang-bincang dengan teman-teman ada yang kecewa, karena harga yang didapatkan antara teman satu dengan lainnya berbeda.Ada pula yang puas dengan pembelian souvenir dengan harga yang standart atau murah.Ketika kita berbelanja dipasar Beringharjo kita harus mengetahui taktik, system, dan cara tawar-menawar  dalam perdagangan yang ada disana.Saya mengetahui hal tersebut dari pengalaman yang saya dapatkan selama beberapa tahun mendampingi anak didik saya ketika melakukan Study Tour, selain itu saya juga mendapatkan informasi tersebut dari senior dimana saya bekerja.
Dipinggiran pasar Beringharjo juga terdapat bermacam-macam aneka kue kas dari Jogjakarta, seperti dodol, klanteng, keplaksari, dan bakpia pathok. Bakpia pathok yang diperdagangkan sangat miring harganya dengan bakpia-bakpia yang ada diminimarket.saya bersama teman-teman berdesakan ketika antri membeli bakpia patok yang ada dipinggiran pasar Beringharjo, harganya 10.000.00 satu dus isinya ada 20 biji.selain kami berdesakan, penjual bakpia menyuruh kami mencoba merasakan bakpia yang akan dibeli.Jadi pembeli mengetahui bagaimana citarasa olahan bakpia pathok yang bermacam-macam jenis rasa.Setelah mendapatkan oleh-oleh souvenir dari pasar Beringharjo untuk keluarga dirumah dan kue  khas Jogjakarta kami bergegas menuju bus untuk melanjutkan perjalanan. Kami sangat menikmati dan puas bisa berkunjung kesalah satu pusat perbelanjaan yang ada dikota Jogjakarta Jawatengah.

By. Wasia' Aturrofiah/4d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar