Rabu, 12 Juni 2013

Belanja-Belanja di Pasar Beringharjo




PASAR BERINGHARJO



          Letak pasar Beringharjo disekitar kawasan Malioboro tepatnya dikota Jogjakarta Jawatengah.Pasar  Beringharjo menjual segala macam aneka batik, pakaian, kerudung, tas, T-Shirt, dan pernak-pernik lainnya.Tidak hanya itu dipinggiran pasar Beringharjo juga banyak sekali yang menjual aneka kue kas Jogjakarta, seperti klanteng, keplak sari, dodol, dan bakpia patok.
          Saya bersama rombongan dari Universitas Nusantara PGRI Kediri, beramai-uramai menuju pasar Beringharjo sekitar pukul 14.00 wib.Disana saya beserta rombongan  berbelanja souvenir dan oleh-oleh khas jogja,saya di sana membeli makanan ringan khas jogja yaitu bakpia. Penjual menawarkan bakpia tersebut dengan harga 20.000,tetapi saya dan teman-teman tidak menaggapi dengan harga tersebut,kami pun menawar bakpiatersebut dengan harga 10.000,setelah proses tawar menawar pun terjadi,dan akhirnya kami diperbolehkan membeli bakpia tersebut dengan harga 10.000.
Ada salah satu teman kami yang membeli batik  ditipu oleh pedagang pasar Beringharjo,Sebab teman kami tidak bisa menawar dengan harga yang lebih rendah.Maka dari itu pedagang membandrol dengan harga yang tinggi dan mempromosikan barang dagangannya dengan segala macam cara.Padahal barang yang dibeli temen kami kualitasnya  standar bukan yang istimewa.Setelah berbincang-bincang dengan teman-teman ada yang kecewa, karena harga yang didapatkan antara teman satu dengan lainnya berbeda.Ada pula yang puas dengan pembelian souvenir dengan harga yang standart atau murah.Ketika kita berbelanja dipasar Beringharjo kita harus mengetahui taktik, system, dan cara tawar-menawar  dalam perdagangan yang ada disana.Saya mengetahui hal tersebut dari pengalaman yang saya dapatkan selama beberapa tahun mendampingi anak didik saya ketika melakukan Study Tour, selain itu saya juga mendapatkan informasi tersebut dari senior dimana saya bekerja.
Setelah mendapatkan oleh-oleh souvenir dari pasar Beringharjo untuk keluarga dirumah dan kue  khas Jogjakarta kami bergegas menuju bus untuk melanjutkan perjalanan. Kami sangat menikmati dan puas bisa berkunjung kesalah satu pusat perbelanjaan yang ada dikota Jogjakarta Jawatengah.

                                                        By. Windu Kuspratama/4D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar