Minggu, 12 Mei 2013

DUSUN SIMBAR DAN JENGKOL



Fiture


DUSUN SIMBAR DAN JENGKOL 


 Kutipan : Khas Masakan desa Ploso Kidul dan Pendidikan yang ada di Simbar dan Kebiasaan mereka.

“ Jengkol”


             Disini saya mengambil topik Bekicot karena yang saya temui disini tepatnya desa Jengkol desa Ploso Kidul Kec. Plosoklaten terdapat bayak rumah makan yang berciri khas tentang bekicot. Misal : sate bekicot, krengsengan bekicot, kripik bekicot, sambel bekicot, soto bekicot, bahkan kelompok KKKN saya dinamai Kampoeng Bekicot. Didepan posko KKN ada warung bekicot, sebelah kiri ada warung bekicot, kanan, belakang disetiap gang juga ada. Setiap hari pun saya selalu sarapan dengan masakan bekicot karena belum matang saya makan di warung bekicot.
             “Simbar “
             Di dusun Simbar terdapat sebuah sekolahan yang menurut saya sangat memprihatinkan karena keadaan sekolah atau fasilitasnya sangat minim pengajarnya / gurunya hanya 3 dan kelasnya pun hanya tiga kelas sedangkan siswanya kurang lebih 35 siwa.  Keadaan sekolahnya sangat memprihatinkan, pintu sekolah tidak bisa ditutup, rmput halaman sekolah sudah sangat tingi – tinggi. Listrikpun belum masuk ke dusun Simbar, bahkan di dalam kelas gambar presiden saja tidak punya. Pokoknya sangat memprihatinkan. Sehingga menurut saya di waktu saya dan teman – teman saya memberikan pelajaran tambahan atau les kepada anak – anak di Simbar, daya tangkap anak – anak disana sangat berbeda dengan anak – anak di Jengkol lebih cepat dan tanggap apa yang kami sampaikan. Sehingga teman – teman banyak yang males – malesan mengajar di Simbar. Karena kesopanan merekapun berbeda tapi kebiasaan anak – anak Simbar. Selain itu sisi baik mereka sangat rajin membantu orang tua mereka untuk mencari makanan yang bernama koro bengok, kror bengok biasanya oleh masyarakat sana dapat dioleh menjadi makanan sehari – hari mereka. Dan jalan menuju desa Simbar itu sangat sulit jalannya berdebu lewat alas – alas, naik turun pokoknya sangat memprihatinkan.

             Demikian berita fiture yang dapat saya tulis dari dusun Simbar dan dusun Jengkol. 

Oleh: Siti Setya Rahayu
09.1.01.07.0143


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar